Header Ads

ad

PKS: Kejelasan Kepemimpinan DPR Genting dan Mendesak

Jakarta (19/7) - Anggota Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera, Tifatul Sembiring mengatakan saat ini kejelasan kepemimpinan dalam lembaga legislatif genting dan mendesak. Hal tersebut setelah ditetapkannya ketua DPR-RI, Setya Novanto sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan KTP-elektonik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.
"Menurut saya ini yang genting, DPR ini harus ada posisi yang jelas, menurut saya harus segera, fraksi-fraksi harus berkumpul, pimpinan-pimpinan DPR harus berkumpul untuk menyelesaikan hal ini," kata dia saat ditemui di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Rabu (19/7).
Tifatul mengatakan, Kepemimpinan di DPR-RI tidak boleh sampai kosong. Walaupun pimpinan DPR bersifat kolegial, akan tetapi, Tifatul menilai ketua DPR-RI juga menjadi simbol dari Badan Legislatif.
"Dengan ditetapkannya pak Setya Novanto ini mencoreng DPR dalam tanda kutip. Jadi menurut saya juga harus diklarifikasi, dan juga kepemimpinan DPR di masyarakat (Jadi rusak)," jelas dia.
Tifatul tidak membantah akan selalu ada oknum dalam kubu DPR-RI yang melakukan tindak pidana. Namun, kata dia, masyarakat jangan sampai memberikan penilaian sama rata kepada seluruh anggota dewan.
Mantan Menteri Kominikasi dan Informatika tersebut menilai, saat ini defitinif ketua DPR yang berstatus tersangka harus segera diputuskan statusnya agar tidak menjadi suatu pertanyaan di publik.
"Menurut saya perlu diputuskan segera. Diputuskan itu tentu mekanismenya itu bagaimana? Kalau orang jadi tersangka ini diganti atau tidak, kita akan periksa lagi itu mengenai aturan dan mekanisme mengenai UU MD3," tegas dia.
Sumber: Republika.co.id

Tidak ada komentar