Header Ads

ad

Cerita Tentang Sulungku...


Alhamdulillah .. hanya dg kebaikan Allah semua kenikmatan mjd sempurna...
Bersyukur dan terus bersyukur aja mbak.. yg bisa aku lakukan.

Awalnya.. aku gak terlalu mengugulkan anak ini dibanding adiknya. Karena percepatan adeknya dalam tahfidz.. alhamdulillah bagus banget. Sementara sulungku ini.. masyaallah.....hehee, seperti anak laki pada umumnya. Susaaaaaahh banget disuruh belajar, apalagi untuk menghafal al qur'an.  Dan ketika masih SMP,  bener2 suka main game di gadget.. sampe kayak nyandu, tiap di rumah... pulang sekolah selalu pegang gadget. Geregetaaann.. 😁😁

Trus ketika akan masuk SMA, alhamdulillah sulungku mau mondok. Meskipun mintanya, pondok yg bagus, yg gak usah nyuci masak sendiri...yg gak mau susah pokoknya. Hehehee.. Yawdahlah aku turutin, asal bisa lepas dari gadget. Aku gak tega juga sii kalo di pondok yg "berat". 😁

Tapi pas tes lucu banget.. kesel tepatnya..hehe...
Ortu dan anak kan dipisah untuk tes dan wawancara. Aku ditanya.. anaknya hafal berapa juz?? Dengan pede aku jawab 3 juz. Pikirku.. SD juz 30, Mts juz 29 dan surat2 munziat. Kalo ditotal kan 2,5 - 3 juz.

Ternyataaaa... sulungku di tes hafalan,  surat al-kafirun gak hafaaallll!!!!.. 😂😂😂😂.
Aku keseelll n maluuu banget. Hahaa. Beneran malu, disangka ibunya pembohong kali yaa ama ustadznya. Ngomel2 aku ama dia. Tapi dia ngeles.. katanya udah lupa. Kan waktu SD itu. Hihi.. dasaaar..

Dan alhamdulillah sulungku lulus tes, meskipun nyaris ga diterima. Dia no 2 dari bawah mbak...hasil tes masuknya.
Alhamdulillah masih rezeki dia sekolah di situ.


SMA ini bukan SMAIT dan bukan MA. Tapi murni SMA aja. Cuman ada boardingnya. Dan di boarding ini ada program hafalan..dg target 1 juz pertahun. Atau 3 juz saat lulus. Dan ada kelas  takhasus.. hafalan intensif, 3 juz per tahun atau 10 juz saat lulus.


Alhamdulillah.. sulungku mau di masukkan kelas takhasus. N lulus tes masuk program itu.


Yawdah mbak.. terus mondok deh.

Tiap telpon aku motivasi.. tentang keutamaan seorang peghafal quran, aku bawain buku2 bacaan yg memotivasi u jadi penghafal quran.. Dan bahwa sekarang inilah, kesempatan terbaik u sebanyak2nya menghafal quran.. Meskipun target hanya 10 juz, tapi aku sounding u bisa hafal 30 juz.
Disamping aku juga terus berdoa u anak2 semua. Ayahnya juga selalu mengingatkan untuk mendoakan anak2, tiap hujan, safar, dan waktu2 mustajab lainnya. Dan aku sadar mbak, aku juga harus memperbaiki diri, supaya doa2 dan harapanku Allah dengar.  Apalah aku mbak...banyak khilaf , penuh dosa gini... ngarepin anak penghafal quran.
Dan emang mbak... masyaallah, ikatan batin itu berasa banget.. Kalo aku lagi futur, maleees banget ibadah, males baca quran.. sulungku biasanya telpon. "Ma, doain aku semangat yaa, aku lagi males banget ngafalin ma."
Ya Allah... kalo udah gitu, aku cepet2 istighfar, memaksakan diri semaksa maksanya u buka quran lagi, u sholat sunah lagi..u dzikir lagi.. pokoknya deketin Allah lagi... sampe ngesot deh. Saking gak bisa mau lari.. 😢


Dan beginilah proses sulungku menghafal quran..

Dimulai dari juz 1, krn nasihat ustadznya..menghafal quran lebih mudah dari juz 1. Karena Al Baqoroh itu isinya hampir separoh al quran. Jadi kalo hafal albaqoroh, lebih mudah kesananya..  Kata2 di surat al baqoroh, akan banyak di ulang2 di surat selanjutnya.

Sulungku sukanya.. ngafalin ama 1 quran sampe leceeeekk banget (emang nasihatnya gitu sii, harus pake 1 mushaf).. dan pake tafsir, dia bilang lebih mudah kalo tau artinya. Biasanya dia baca tafsirnya dulu, baru ngafalin. Tafsir yg aku beli 2004, akhirnya kepake di 2016.. hehe.. alhamdulillah.

Semester pertama, alhamdulillah hafal 1 juz. Trus semester 2 hafal 4 juz. Karena mulai juz 1, jadi naik kelas 2 hafal 5 juz dari juz 1-5. Jam menghafalnya, hanya dari subuh sampai pukul 6 pagi. Saat kelas halaqoh anak2 di masjid.

Di kelas 2.. alhamdulillah semangatnya naik mbak..
Jadi lebih cepet lagi. Semester 1 di kelas 2 bisa hafal 8 juz. Dan semester 2 hafal 7 juz. Total 15 juz di kelas 2 ini.
Karena waktu itu aku bilang, "Mas, kalo mau hafal 30 juz, kan setahun harus 10 juz. Kemarin kelas 1 "cuman bisa 5 juz". Jadi 5 juz nya, semoga bisa di kejar di kelas 2 yaaa..

Aku sering diskusi via telpon mbak. Kalo pas ketemu, dia sering main game soalnya.. hahha.. pinjem hapeku buat eksis medsos. Malah ngobrolnya susah. Kalo pas telpon, baru serius dengerin.
Di telpon biasanya aku bikin program. Kalo mau hafal sekian juz, dalam waktu sekian bulan, berarti sebulan sekian juz. Sehari sekian juz. Artinya sehari berusaha berapa halaman. Dibaca sekian kali supaya hafal. Akhirnya ketemunya...sehari cuman butuh sedikit jam aja u menghafal...asalkan serius dan istiqomah. Semangat itu yg selalu aku sounding buat sulungku mbak.
Kalo ayahnya.. biasanya nasihat secara umum. Ayahnya selalu bilang, Allah itu adil.. hasil yg kita dapat, akan sesuai dg ikhtiar kita.


Jadi pas naik kelas 3.. alhamdulillah hafal 20 juz.
Tapi aku mulai rada khawatir mbak..
Bisa gak menyelesaikan hafalannya. Kan kelas 3 udah mulai persiapan UN. Dan anaknya juga mulai sedikit turun semangatnya. Aku sounding ke sulungku.... di sma ini saat emasnya dia. Manfaatkan sebaik2nya. Jangan merasa cukup dg hafalannya.. trus mikir, ntar deh...pas kuliah di lanjutin lagi. Duuh...bakalan susah. Karena menghafal itu butuh banyak hal. Lingkungan, ustadz, pokoknya kondisi2 yg gak segampang itu kita temukan. Otodidak itu berat.
..
Nie 2 tahun "baru" 20 juz.. masih ada 10 juz.. dan mau UN. Semester 2 kayaknya sudah susah menghafal, krn persiapan UN. Yawdahlah.. aku gak maksa, hanya motivasi terus aja. Sambil makin banyak berdoa ke Allah.

Pas mulai masuk kelas 3..  sebulan pertama nyaris gak hafalan. Gak boleh ama ustadznya, tapi suruh murojaah 20 juz yg udah di hafal. Gak boleh bernafsu menghafal,  nambah terus..tapi jadi lupa yg lama. Murojaah itupun, masyaallah agak tersendat2. Tiap telpon..selalu bilang masih murojaah.

Masuk bulan juli 2017. Agustus full murojaah. September pertengahan akhirnya mulai menghafal lagi.  Pas november minggu ke 3 telpon, dia  cerita kalo sudah sampe juz 25. Besok mulai ngafalin juz 26. Aku inget, waktu itu sekitar 24 november. Alhamdulillah...

Trus aku bilang..

Mas.. tinggal 5 juz, nanti mama jemput tgl 17 desember (pas pulang liburan semester) usahakan sudah selesai yaa mas. Ini masih ada 1 bulan lagi.

Dia langsung protes mbak.. agak2 ngambek..hehe.
Berasa mamanya kurang syukur mungkin.. nuntut aja... 😅😅.

"Duuuh ma.. yaa gak mungkin bisa lah ma. Ini aja aku satu juz rata2 kan 1-2 pekan ma. Brarti butuh 10 pekan lagi u selesai. Atau 3 bulan target dia. Dan 2 pekan lagi kan UAS ma. Desember pas uas..trus liburan, kayaknya bakal libur hafalan juga". Karena tiap pulang liburan, memang gak pernah nambah hafalan. Pokoknya dia protes keberatan.


Aku cuman jawab waktu itu..... insyaallah mas  bisa. Ini kan juz 26-30. Ada juz 29-30 sudah pernah ngafalin...meski sekarang lupa, insyaalah mudah ngafalin lagi. Trus ada surat lukman, arrohman, waqiah,  assajdah yg pernah di hafalin pas Mts. Insyaallah mas bisa. Aku yakinkan, bahwa dia bisa bisa bisa.. Aku berusaha bikin dia percaya dg kemampuan dirinya, bahwa dia bisa lebih baik. Minta sama Allah.. minta sama Allah u dimudahkan.

Trus dia jawab sambil keberatan (jawab iya cuman buat nyenengin aku mbak...hehehe)... iya ma, insyaallah aku usahain.
Trus telp di tutup... kayaknya kesel. Hehhew..

2 pekan.dia telp lagi. 8 desember 2017.
Ngobrol macem2... aku udah ga nanyain kabar tahfidznya. Aku kasihan kalo dia tertekan dan ngerasa aku nuntut dia. Yg penting..aku udah bilang dan motivasi sebelumnya. Setelah itu.. yawdahlah...menerima apapun hasilnya dia.

Trus pas udah mau selesai nelpon.. dia bilang..

"Ma... ijinkan aku nanti berikan mahkota buat mama di surga yaa"..

Masyaallah mbaaak... aku langsung nangiiissss..
Gak bisa ngomong... bener2 terharu..gak nyangka..
Gak tau perasaanku gimana...
Campur aduk ..seneeeeeenggg luar biasa... masyaallah.
Aku yg cuman kayak gini... yg banyak dosa.. yg banyak gak bener..
Koq Allah baiiiikkkk banget kasih aku hadiah anak yg bisa ngafalin quran..😢😢😢😭😭😭😭😭.


Dia cerita.. abis aku bilang gitu.. dia bertekad mau  nyenengin mamanya. Dia lakukan maksimal sebagai bakti buat mama katanya.

Jadi hafalan yg sehari2 hanya abis subuh sampe jam 6. Dia tambah sendiri. Kalo pelajaran kosong atau udah selesai ngerjain tugas.. atau tiap waktu yg luang, dia ijin ke masjid ngafalin.

Jadi akhirnya..
Juz 26 dia selesaikan 4 hari
Juz 27nya 3 hari
Juz 28 karena susah katanya... 5 hari
Juz 29nya 2 hari
Dan juz 30nya cuman sehari.

Ya Allah mbaak... 2 pekan dia selesaiin 5 juznya. 😭😭😭😭😭

Aku bener2 bersyukuuur banget mbak.
Wes gak bisa bilang apa2 lagi.

Jadi proses hafalan dia :
Kelas 10 s. 1 = juz 1
Kelas 10 s. 2 = juz 1-5
Kelas 11 s. 1 = juz 1-13
Kelas 11 s. 2 = juz 1-20
Kelas 12 s. 1 = juz 1-30...

Alhamdulillah mbak.. jadi 30 juz dia selesaikan dalam waktu sekitar 2 tahunan.
Tepatnya..sejak dia pertama kali ngafalin juz 1 sampe selesai setoran juz 30 itu  :

2 tahun 1 bulan 16 hari


Sekarang.. dia sering ikutan lomba tahfidz 5 atau 10 juz. Meskipun belum pernah menang. Aku selalu bilang ama dia, gak papa... itu yg terbaik. Takutnya kalo menang, mas jadi sombong.
Aku selalu ingetin.. menghafal itu hanya 1 step dalam kewajiban kita terhadap quran. Kewajiban yg lain..tetep harus di tunaikan.. harus tetep dibaca tiap hari. Dan pastinya di amalkan. Karena di amalkan itulah yg bikin pemgaruh quran terdahsyat dalam hidup kita.

Aku selalu bilang.. jangan pernah merasa hebat karena sudah hafal quran. Karena banyaaaaak koq orang yg bisa menghafal quran. Jaga hati..jaga hati.. jaga hati.. selalu itu yg aku bilang mbak. Aku bener2 takut dia gak istiqomah. Mohon doanya yaa mbak.

Dan yg bikin aku makin nangiiiiss rasanya. Pas ambil raport, ustadznya bilang..  apa ibu tau, kalo putera ibu hafal quran ama artinya, halamannya dan barisnya.

Masyaallah mbaaak...😢😢😭😭.


Aku sampe gak tau.. Gimana aku harus bersyukur ama Allah.
Baiiikkkk banget Allah mbak..
Aku bener2 berterima kasih ama ustadz yg bimbing dia, juga ama ayahnya yg selalu doain...selalu berusaha bikin dia senang, nyaman di pondok..
Masyallah.. alhamdulillah....


Doakan yaa mbak..
Agar kami bisa istiqomah..


Gitu cerita tentang sulungku mbaak....

Tidak ada komentar