Header Ads

ad

PKS Kota Bengkulu Salurkan Dana Bergulir untuk Modal Usaha

Kota Bengkulu (9/1) - Banyaknya pengangguran dari tahun ke tahun yang tidak juga kunjung teratasi oleh Pemerintah Kota Bengkulu menjadi salah satu perhatian serius Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bengkulu. Menyikapi hal tersebut PKS Kota Bengkulu mengupayakan bantuan dana modal usaha kepada warga agar mampu menciptakan lapangan kerja.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD PKS Kota Bengkulu, Nuharman saat acara penyaluran bantuan dana bergulir bagi warga di kantor DPD PKS Kota Bengkulu. pada Jumat (6/1). Ia menyampaikan bantuan modal usaha bagi warga ini bertujuan agar warga bisa meningkatkan perekonomiannya sekaligus dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran.

"Kami mencoba berusaha membantu warga agar punya usaha agar tidak banyak yang mengaggur," ungkap Nuharman.

Sementara itu ketua Bidang Pengelolaan Jaringan Ekonomi (BPJE) DPD PKS Kota Bengkulu, Affendi Muhammad Jamal diwakili Tusman Hayadi, menjelaskan dana modal usaha bergulir yang disalurkan PKS merupakan dana yang bersumber dari dana organisasi DPD PKS Kota Bengkulu yang peruntukkanya memang untuk membantu modal usaha, harapannya modal usaha tersebut mampu dikebangkan dan menjadi stimulan bagi warga dalam penguatan ekonominya.

"Dana yang disalurkan berupa dana pinjaman tanpa bunga dengan jumlah rata-rata sebesar 2 juta rupiah. Dana pinjaman tersebut nantinya dikembalikan agar bisa digilirkan kepada warga yang lain, model pengembaliannya dengan cara diangsur selama 10 bulan," tutur Tusman.

Melengkapi keterangan Tusman Hayadi, Bendahara DPD PKS Kota Bengkulu Sarbini, mengatakan sejauh ini sudah ada 30 warga yang telah menerima dana bantuan modal tersebut dan ditergetkan ke depan masih akan terus berlanjut dan berkesinambungan. Total dana yang sudah disalurkan mencapai 60 juta rupiah.

"Ini adalah salah satu program ekonomi kerakyatan yang dijalankan PKS, dana yang ada memang tidak begitu besar, namun mudah-mudahan jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang siginifikan bagi usaha warga," demikian kata Sarbini.

Tidak ada komentar