Header Ads

ad

Tasikmalaya Bisa Jadi Kota Penting Dunia

Jakarta (24/1) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman yakin di tengah globalisasi yang membuat negara-negara terhubung dan dunia menjadi makin besar justru peran sebuah kota makin penting.

"Kita boleh percaya pada mantra Global Paradox (Naisbit): the bigger the world economy the more powerfull its smallest players. Secara global Tasikmalaya kecil. Tapi jika potensinya dikelola dengan baik kita boleh mimpi Tasik (juga kota-kota lain) menjadi kota penting dunia. Amiin!" kata Sohibul melalui akun Twitternya @msi_sohibuliman, Selasa (24/1/21017).

Anggota dewan dengan Dapil Tasikmalaya itu ingat benar dulu Baharuddin Jusuf Habibie pernah mengatakan bahwa ia ingin kota-kota di Indonesia dikenal dunia seperti kota Solingen Jerman berkat gunting kualitas tinggi.

"Mimpi boleh sekaliber dunia. Gratia. Poinnya bukan pada mendunianya tapi pada tekad mengelola potensi kota-kota agar menyejahterakan!" ujarnya.

Hal pertama dan utama, kata dia, harus ada pimpinan daerah yang melayani, bukan dilayani rakyat. "Pemimpin adalah pelayan (public servant). Pimpinan daerah sepert ini menjadi lokomotif reformasi birokrasi agar lebih berwatak pelayan daripada penjaja kuasa. Ini dahsyat efeknya!" ungkap Sohibul
Efek yang muncul, katanya, antara lain kepercayaan publik (public trust) meningkat, kepatuhan masyarakat (public obedience) menguat, dan keterlibatan (public engagement) pada program-program pemkot membludak.

"Pemimpin pelayan akan hasilkan sentimen positif pada warga. Merek menjadi terdorong hadirkan inisiatif-inisiatif, tidak menunggu arahan. Dinamis!" ungkap Sohibul. (msm)

Tidak ada komentar