Header Ads

ad

SHOLAT KUSUF ( gerhana matahari) SHOLAT KHUSUF (gerhana bulan )

Ikhwany wa akhwaty fillah wal akhibba' , mengingat bahwa sholat adalah barometer taqarrub kita kepada lahi robbi , maka berikut sedikit hasil muthola'ah tentang dalil dan tata cara sholat Khusuf (shalat gerhana) di roj dari berbagai sumber kitab_kitab klasik salafunassholih .

Adapun dalil shalat  gerhana matahari dan bulan ini adalah hadits Bukhari Muslim yang berbunyi:

ان الشمس والقمر آيتان من آيات ألله لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته فإذا رايتهم ذا لك فصلوا وادعوا حتى يكشف بكم

“Sesungguhnys matahari dan bulan itu adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah, matahari dan bulan terjadi gerhana tidak di sebaban mati dan hidupnya seseorang, maka dari itu apabila kamu melihat gerhana, kerjakanlah shalat sehingga gerhana selesai”

Hadits di atas di sabdakan oleh rosulullah SAW. Ketika terjadi gerhana matahari pukul dua belas siang, bertepatan hari itu wafatnya putra nabi SAW, yang bernama ibrahim, melihat keadaan tersebut banyak manusia yang mengatakan bahwa gerhana matahari ini di sebabbkan matinya putra nabi SAW.

Shalat sunnah gerhana matahari dan bulan hukumya sunnah muakkad

Cara shalat Gerhana
1. Paling sedikit mengerjakan dengan dua rakaat sebagaimana mengerjakan shalat sunnah dzzuhur
2 .Niat
3. Takbiratul ihrom kemudian membaca doa iftitah, ta”awudz, fatihah dan surat kemudian melakukan ruku’ dan i’tidal, setelah i’tidal membaca fatihah dan surat lagi terus rukuk’ i’tidal lantas sujud, duduk diantara dua sujud dan sujud lagi, jadi dalam satu rakaat rukuk’ i’tidal dan berdiri membaca fatihah, begitu pula dalam rakaat kedua sama dengan rakaat pertama, kemudian melakukan tasyahud akhir lalu salam

Dalam shalat gerhana bulan, bacaanya sunnah di keraskan sedang dcalam gerhana matahari, sedang dalam gerhana matahari bacaanya sunnah di samarkan.

Shalat sunnah gerhana lebih utama di kerjakan di masjid secara berjamaah, setelah shalat imam membaca khutbah dua kali sebagaimana khutbah jum”at . dalam khutbah jum”at lebih di tekankan kepada jamaah adalah agar memberikan motivasi agar memperbanyak amal kebaikan dan mohon ampun kepada Allah SWT . serta bertaubat

Referensi , 
#Shohih bukhori
#Kaifiyah dn hikmah shalat fersi kitab salaf

Hadzanallah waiyyakum ila maa fiihi rridhoo

07_03_2016
Mohammad Ikromullah   KIC

Tidak ada komentar