Header Ads

ad

Dan Umar bin Khatab pun Menangis...

Dari FB Daarul Qur'an Indonesia

Rasulullah SAW bersabda:
“ Ada dua mata yang tidak disentuh api neraka: Mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata semalaman berjaga di jalan Allah “ (HR. Tirmidzi)

“ Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya, apabila (Al Qur’an ) dibacakan kepada mereka , mereka menyungkurkan wajah, bersujud dan mereka berkata “Maha suci Rabb kami; sesungguhnya janji Rabb kami pasti dipenuhi,” Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk” (Al Isra 107-109)

AL faruq , pengganti khalifah Rasulullah SAW, seorang laki-laki yang dengannya Allah menjadikan Islam gilang-gemilang. Dialah syahidul Mihrab (yang gugur sebagai syahid di Mihrab). Umar bin Khatab dialah orang pertama yang dipanggil dengan Amirul Mukminin. Keutamaannya sangat banyak. Abu Bakar dan dia adalah dua orang wazir serta menteri Rasulullah dan keduanya adalah tetua dari para pemuka penghuni surga.

Ibnu Mas’ud berkata, “ Islamnya Umar adalah kemenangan, hijrahnya adalah pertolongan, dan kepemimpinannya adalah kasih sayang,” Selain segala ke’perwiraan” Umar, maka diapun adalah pemilik hati yang lembut dan sensitif.

Abdullah bin Syidad berkisah,” “ Saya pernah mendengar suara sesenggukan Umar saat membaca ayat :”... INNAMA ASYKU BATSI WA HUZNI ILALLAH" …bahwasanya aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku kepada Allah (Yusuf : 86)

Apabila Umar bin Khattab membaca ayat QS Maryam : 71
“ Dan tidak seorangpun dari kalian yang tidak melewatinya (neraka)...”
Maka Umar menangis dan berkata,’ Wahai Rabbku, aku termasuk yang engkau selamatkan atau yang engkau biarkan di dalamnya dalam keadaan berlutut?”...

Subhaanallah.

Tidak ada komentar