Header Ads

ad

TIPS AGAR DIBERIKAN KEISTIQOMAHAN DALAM MENUNAIKAN SHALAT TAHAJUD

Nah, agar bisa istiqamah menjalankan shalat tahajud, simak tips-tipsnya berikut ini :

1. USAHAKAN UNTUK MENCINTAI SHALAT LIMA WAKTU
Loh kok shalat lima waktu? Iya dong, langkah pertama tentunya kita harus mencintai shalat wajib. Nah, kalau yang wajib sudah mencintai, pastilah kita memiliki keinginan untuk menyempurnakannya dengan shalat sunnah. Lah, percuma saja kita ngoyo mendirikan shalat sunnah, kalau yang wajib aja kita abaikan. Betul nggak??

2. MENGETAHUI TENTANG SHALAT TAHAJUD, nilai pahalanya, keutamaannya, dan keajaiban didalamnya
Tak kenal maka tak sayang. Pepatah tersebut pantas kita terapkan dalam masalah ini. Kalau kita sudah mengenal tahajud dan segala sesuatu yang ada didalamnya, pastilah kita akan jatuh cinta dan sayang untuk melewatkannya. Tapi kalau hati Anda belum mencintai tahajud, berarti perkenalan Anda masih gagal. Silahkan coba lagi gali lebih mendalam lagi tentang tahajud. (Baca : Keajaiban Shalat Tahajud)

3. MEMAHAMI BAHWA TAHAJUD ADALAH KEBUTUHAN
Semua manusia pasti ingin dekat dengan Allah. Nah, tahajud merupakan fasilitas terbaik untuk mendekatkan diri kepada_Nya. Di tengah malam, dimana kebanyakan orang memilih terlelap dalam mimpinya, saat itulah Allah turun ke bumi, karenanya jangan pernah melewatnya moment istimewa ini.
“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. HINDARILAH BERBUAT DOSA DAN MAKSIAT DI SIANG HARI
Apa hubungannya dosa dan shalat tahajud? Dosa dan maksiat yang Anda lakukan di siang hari dapat memperberat Anda bagun malam. Mungkin Anda bisa terjaga pada waktu malam, tapi tubuh akan berat melaksanakan shalat apabila kita terbiasa berbuat maksiat dan dosa di siang hari. Untuk itu, banyak-banyaklah beristighfar agar Allah mengampuni dosa dan kesalahan kita serta meringankan kita untuk melaksanakan shalat tahajud. (Baca juga : Manfaat Tahajud untuk kesehatan tubuh)

5. BERNIAT DAN BULATKAN TEKAT UNTUK BANGUN MALAM
Niat sangatlah penting ketika kita ingin menjalankan shalat tahajud, terutama sebelum tidur. Jangan lupa juga, berdoalah pada Allah minta dibangunkan pada saat yang ditentukan. In sya Allah akan terkabul dan dimudahkan kok. — 

Tidak ada komentar