Header Ads

ad

Hujan Abu Makin Pekat, Masyarakat Menjadikan Aleg PKS Jujukan Mendapatkan Masker

PKS Bondowoso - "Kami kekurangan masker," kata Fathorasi, anggota legislatif PKS Bondowoso saat membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang terlihat panik akibat abu vulkanik Gunung Raung yang makin pekat. " Empat dus masker yang kami siapkan dalam waktu singkat sudah habis. Saat ini DPC PKS Tlogosari, Sempol, dan Sumber Wringin juga bersiap siaga. Kami masih menunggu masker yang kini dalam perjalan dibawa oleh teman-teman DPD PKS Bondowoso." tambah pria yang diamanahi sebagai ketua Fraksi PKS di DPRD Bondowoso.

Minggu pagi (19/7) Gunung Raung kembali memuntahkan abu vulkanik. Semburan abu yang semula mengarah ke arah timur laut nampak berbelok ke arah barat laut mengikuti angin yang berhembus cukup kencang. Akibatnya beberapa daerah di Kabupaten Bondowoso terkena hujan debu. Kecamatan Tlogosari menjadi daerah terparah karena sangat dekat dengan Gunung Raung. Bahkan di Desa Kembang, Sulek, Tlogosari dan Brambang hujan abu membuat suasana menjadi gelap. Pukul 12 siang terlihat seperti pukul 5 sore.

Hujan abu selain menjadikan tempat kotor, juga membuat mata perih. Apabila dihirup dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas  (ISPA).  Saat abu makin pekat masyarakat mencari bantuan masker. Karena masih dalam suasana lebaran, banyak apotik yang tutup dan kekurangan stok masker. Begitu mengetahui ada pembagian masker gratis oleh aleg PKS yang sudah 2 periode menjadi wakil rakyat, mereka menyerbu rumah Fathorasi. Tak butuh waktu lama untuk menghabiskan 4 dus masker. Karena jumlah masker terlalu sedikit, mereka masih menunggu kedatangan masker yang dikirim oleh relawan PKS Bondowoso.

Sambil menunggu datangnya bantuan masker, pria berkaca mata minus ini mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada. Fathor juga menghimbau apabila tidak ada kepentingan lebih baik tinggal di rumah. Kalaupun harus keluar, disarankan untuk selalu memakai masker dan helm teropong untuk menghindari mata terkena abu yang membuat mata menjadi perih.

Sementara di tempat terpisah, Anggota Legislatif PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan, yang beberapa hari  lalu sempat mengunjungi Tlogosari sebelum peristiwa hujan abu ini berkomitmen untuk membantu masyarakat terdampat abu vulkanik. "Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan teman-teman di daerah." imbuh kader PKS yang minggu kemarin melakukan Reses Tahap 2 di Bondowoso, Situbondoso, dan Banyuwangi.














  







1 komentar: